gambar ilustraisi 1 satu suro dan weton dalam kebudayaan Jawa

Weton Tulang Wangi dan Malam 1 Suro: Mitos dan Kepercayaan dalam Budaya Jawa

asrinews.com – Belakangan ini, media sosial sedang ramai dengan unggahan mengenai “weton tulang wangi” yang sering muncul menjelang 1 Suro dalam kalender Jawa. Tahun ini, menurut PBNU, 1 Suro jatuh pada Senin, 8 Juli, dengan malam 1 Suro dimulai setelah matahari terbenam pada Minggu, 7 Juli 2024.

1 Suro adalah bulan yang menandai tahun baru Jawa, bertepatan dengan bulan Muharam dalam kalender Hijriah. Lantas, apa sebenarnya weton tulang wangi yang muncul saat 1 Suro? Berikut penjelasannya.

Pengertian Weton dan Weton Tulang Wangi

Weton adalah penanggalan Jawa yang mencatat hari kelahiran seseorang berdasarkan lima pasarannya: Legi, Pahing, Pon, Wage, dan Kliwon. Dalam budaya Jawa, weton tidak hanya sebagai penanda hari lahir, tetapi juga digunakan untuk menilai kepribadian serta menghitung hari-hari baik dan buruk.

Baca juga:  PBNU Tetapkan 1 Muharram 1446 H pada Senin, 8 Juli 2024

Weton Tulang Wangi adalah salah satu weton yang dianggap istimewa karena memiliki daya tarik kuat dengan aura atau aroma khas yang menarik perhatian makhluk gaib. Weton ini dipercaya sangat sensitif terhadap keberadaan makhluk gaib di sekitarnya.

Penjelasan Akademisi

Sahid Teguh Widodo, Kepala Pusat Unggulan Iptek Javanologi Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS) Surakarta, menjelaskan bahwa keyakinan terhadap weton tulang wangi mencerminkan praktek self-cultivation atau upaya budidaya diri untuk mempersiapkan diri menghadapi hal-hal baru, khususnya dalam menyambut Tahun Baru Islam. Budaya Jawa tidak hanya berfokus pada aspek antropologi tetapi juga kosmologi, menganggap individu Jawa sebagai bagian dari semesta alam.

Baca juga:  Budayawan Kecam Konten Kreator yang Eksploitasi Kecantikan Perempuan Badui

Daftar Weton Tulang Wangi

Budayawan dan dosen Program Studi Ilmu Sejarah di UNS Surakarta, Tundjung Wahadi Sutirto, menyatakan bahwa orang dengan weton tulang wangi cenderung memiliki daya tarik yang kuat dan pengalaman dengan alam gaib. Weton tulang wangi ini memiliki kepekaan tinggi terhadap lingkungan, baik yang terlihat maupun yang tidak kasat mata.

Berikut adalah beberapa weton yang termasuk tulang wangi:

  • Senin Kliwon
  • Senin Wage
  • Senin Pahing
  • Selasa Legi
  • Rabu Kliwon
  • Rabu Pahing
  • Kamis Wage
  • Sabtu Wage
  • Sabtu Legi
  • Minggu Pon
  • Minggu Kliwon
Baca juga:  Budayawan Kecam Konten Kreator yang Eksploitasi Kecantikan Perempuan Badui

Hubungan Weton Tulang Wangi dengan Malam 1 Suro

Masyarakat Jawa percaya bahwa 1 Suro adalah malam yang sarat dengan hal-hal mistis, termasuk kepercayaan bahwa roh para leluhur akan mengunjungi dunia ini. Weton tulang wangi diyakini mampu menarik makhluk halus, sering kali terjadi pertemuan atau interaksi antara pemilik weton ini dengan roh-roh tersebut. Salah satu efeknya adalah bahwa pemilik weton tulang wangi dapat menyerap energi negatif.

Oleh karena itu, pada saat 1 Suro, disarankan bagi mereka yang memiliki weton tulang wangi untuk mendekatkan diri kepada Yang Maha Kuasa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *