Foto warga kampung adat miduana berjalan di pelataran sawah dengan latar belakang saung bambu

Fakta Menarik Kampung Adat Miduana Cianjur: Budaya, Alam, dan Rahasia Lansia Berumur Panjang

Cianjur, asrinews.comKampung Adat Miduana, sebuah permata tersembunyi di Provinsi Jawa Barat, semakin menarik perhatian wisatawan domestik maupun internasional berkat keunikan budaya dan pesona alamnya yang memukau.

Menurut penelitian dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI), Kampung Miduana tidak hanya dikenal sebagai tempat tinggal para lansia yang sehat dan aktif, tetapi juga sebagai penjaga kebudayaan yang teguh. Berdasarkan catatan sejarah, kampung ini didirikan oleh dua tokoh kembar keturunan Kerajaan Padjajaran, Eyang Jagat Nata dan Eyang Jagat Niti, yang budaya dan tradisinya masih terjaga hingga saat ini.

Dilansir dari lama Disparbud Jawa Barat, masyarakatnya mematuhi peraturan adat dengan ketat dalam berpakaian dan menjalani kehidupan sehari-hari, seperti Dongdonan Wali Salapan, Lanjaran Tatali Paranti, Mandi Kahuripan, dan Opatlasan Mulud.

Baca juga:  Rahasia Panjang Umur Lansia di Gili Iyang dan Dusun Miduana Terungkap

Riset: Rahasia Panjang Umur Lansia di Kampung Adat Miduana

Dilansir Antara, Riset dari FKUI menyoroti bahwa gaya hidup tradisional dan nutrisi alami berperan besar dalam menjaga kesehatan penduduk Kampung Miduana. Para lansia di sini tetap bugar dan aktif, bahkan beberapa di antaranya mampu bekerja di sawah dan melakukan aktivitas lainnya meskipun usia mereka sudah mencapai lebih dari 100 tahun.

Makanan sehat seperti nasi jagung, ikan laut, dan daun kelor menjadi bagian penting dari pola makan mereka, yang memberikan energi dan kesehatan bagi tubuh.

Keindahan Alam

Tak hanya kebudayaan yang menawan, Kampung Adat Miduana juga menawarkan pemandangan alam yang asri dan memesona. Terletak di kawasan pegunungan Jawa Barat, kampung ini dikelilingi oleh udara segar dan panorama alam yang indah.

Baca juga:  Butuh Motivasi? Baca Deh 20 Kata Bijak Bahasa Sunda Ini!

Jalur menuju kampung ini, baik dari utara maupun selatan, menawarkan pemandangan menakjubkan seperti perkebunan teh yang luas di Ciwidey dan Rancabali, serta pemandangan laut lepas dan air terjun yang spektakuler di Kabupaten Cianjur.

Dengan segala daya tariknya, Kampung Adat Miduana telah menerima perhatian internasional sebagai salah satu destinasi wisata budaya tersembunyi yang layak untuk dikunjungi. Tim Riset dari Universitas Padjajaran (Unpad) juga turut mengamati kehidupan masyarakat di kampung ini, menemukan bahwa pola hidup tradisional mereka tidak hanya mendukung kesehatan fisik, tetapi juga memberikan kebahagiaan dan kesejahteraan yang berkelanjutan.

Baca juga:  Sah! Agus Syarifuddin Pimpin Paguyuban Sunda Muda 2024-2026

Rute ke Kampung Adat Miduana

Bagi yang tertarik untuk menjelajahi keindahan alam dan budaya Kampung Adat Miduana, terdapat dua jalur yang dapat dilalui: jalur utara melalui Kabupaten Bandung dengan pemandangan perkebunan teh yang mempesona, serta jalur selatan melalui Kabupaten Cianjur yang menawarkan pemandangan laut lepas dan air terjun yang menakjubkan.

Dengan segala potensinya, Kampung Adat Miduana tidak hanya menjadi destinasi wisata yang menarik, tetapi juga menjadi teladan dalam pelestarian budaya dan gaya hidup sehat. Kunjungan ke kampung ini tidak hanya memberikan pengalaman berharga, tetapi juga menginspirasi untuk menjaga dan melestarikan warisan budaya yang berharga bagi generasi mendatang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *