RSU Kota Tangsel Rencanakan Rujukan Pelayanan Jantung
Banten Regional

RSU Kota Tangsel Rencanakan Rujukan Pelayanan Jantung

ASRINEWS.COM, TANGERANG SELATAN
Hadir dalam Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Dinas Kesehatan Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rumah Sakit Umum (RSU) Kota Tangsel rencanakan sebagai rujukan layanan jantung. Hal ini dikatakan Oco selaku Kepala Bagian Tata Usaha RSU Kota Tangsel, kepada awak media disela pelaksanaan Musrenbang Dinas Kesehatan yang digelar di RS Sari Asih Ciputat, pada Rabu (29/02/2024).

“Untuk tahun 2025 mendatang, RSU Tangsel memang ada perencanaan penambahan pelayanan. Ini merupakan program khusus dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI yakni menunjuk RSU Tangsel menjadi RS Rujukan Jantung. Akan dilakukan secara bertahap dan menunggu hasil visitase dari Kemenkes RI. Untuk bisa membuka pelayanan jantung, tentunya ada teknologi kesehatan yang harus dipersiapkan, seperti ICCU (Intensive Coronery Care Unit) dan Kateter Jantung yang memang harus diadakan.Tentu hal ini butuh waktu, karena akan dilakukan secara bertahap,” sebut Oco.

Lanjut katanya, saat ini RSU Kota Tangsel sudah bisa menangani beberapa kasus jantung, dengan pemberian obat-obatan.

“Untuk fasilitas existing kami sudah bisa melayaninya, karena dari segi SDM (sumber daya manusia), kita punya 3 dokter spesialis jantung, artinya jika ada kelainan, RSU Kota Tangsel sudah dapat menangani dengan pemberian obat. Untuk ke depannya, diharapkan sudah bisa melakukan katerisasi jantung,” ungkapnya.

Dia juga menyebutkan, bahwa saat ini di RSU Kota Tangsel sudah tersedia unit CT Scan, hanya saja pengoperasiannya masih menunggu ijin dari Bapeten.

“Untuk CT Scan, unitnya sudah ada, karena itu masuk pada anggaran pengadaan tahun 2023 lalu, hanya untuk pengoperasiannya masih menunggu ijin dari Bapeten, yang saat ini sedang dalam proses,” kata Kabag TU RSU Kota Tangsel.

Dikesempatan yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangsel, dr. Allin Hendalin Mahdaniar membenarkan adanya fasilitas layanan baru di RSU Kota Tangsel tersebut.

“Untuk meningkatkan kualitas layanan, tentunya kita juga menambah jenis pelayanan. Yang saat ini dibutuhkan masyarakat adalah Radiologi atau CT Scan, untuk mendiagnosa lebih pasti. Juga punya Panoramic untuk rontgen gigi, kita juga sudah mengajukan pelayanan prioritas operasi jantung. Ini sudah kita ajukan, Insya Allah, nanti akan diverifikasi apakah kita memenuhi syarat atau tidak oleh Kemenkes RI,” sebut Allin.
(ADV)