Masyarakat Tangsel Wajib Memiliki KIA, Berikut Sentra Layanannya
Uncategorized

Masyarakat Tangsel Wajib Memiliki KIA, Berikut Sentra Layanannya

ASRINEWS.COM, TANGERANG SELATAN
Masyarakat Kota Tangerang Selatan (Tangsel) yang memiliki anak, diwajibkan untuk membuat KIA (Kartu Identitas Anak).

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Dedi Budiawan mengatakan, seluruh masyarakat Tangsel wajib mengurus pembuatan KIA, sejak anak berusia 1 tahun hingga 17 tahun.

Menurutnya, selain melampirkan Akta dan Kartu Keluarga, KIA akan menjadi syarat wajib bagi masyarakat yang ingin mendaftarkan anak-anak mereka masuk ke SD, SMP dan SMA di Kota Tangsel.

“Memiliki KIA adalah wajib, dan kami saat ini bisa dikatakan memaksa masyarakat Tangsel untuk segera mengurus KIA bagi anak-anaknya,” ujar Dedi.

Dia menyebutkan, pembuatan KIA, mulai dari saat ini, harus segera dilakukan masyarakat, sehingga progres dan target pendistribusian KIA di Kota Tangsel dapat tercapai.

“KIA di kita baru 50 persen dari target 360 ribu target, berarti baru 180 ribuan. Sementara target nasional itu 60 persen. Kita masih kurang 36 ribuan. Hal (kekurangan) tersebut yang harus dipercepat,” imbuhnya.

Dedi juga menyampaikan, bagi masyarakat yang ingin mengurus KIA bisa datang langsung ke kantor sementara Disdukcapil,
(Eks Kantor Camat Setu) Kota Tangsel atau ke 8 gerai layanan.

“Mengurus pembuatan KIA dapat dilakukan dalam hitungan menit, dan langsung jadi,” tandasnya.

“Agar lebih memudahkan masyarakat menjangkau layanan adminduk, pihaknya tahun ini (2024), berencana membuka layanan di 7 Kantor Kelurahan strategis,” tutupnya.

LOKASI, HARI DAN JAM LAYANAN:

  1. Sabtu sd Rabu, di Mal Living World Alam Sutera, Mal Teras Kota BSD dan Mal Pamulang Square, mulai jam 10.00 sd 14.00, KHUSUS SABTU jam 16.00 sd 21.00 / SABURI
  2. Minggu sd Jumat, di Mal Bintaro Plaza, mulai jam 10.00 sd 14.00, KHUSUS SABTU, JAM 16.00 sd 21.00 / SABURI
  3. Senin sd Jumat, di MPP, PUSPEM, UMJ dan Kampus UNPAM Viktor, mulai jam 09.00 sd 14.00, (jika sudah dapat email cukup perlihatkan saja)

Bisa juga langsung kirim syarat-syarat (fc kk, akta lahir, foto warna anak jika 5th+, email dan no wa) TIAP HARI SENIN sd JUMAT ke loket Drive Thru Dukcapil Tangsel di SETU (EKS KANTOR CAMAT SETU samping gedung DPRD) via OJOL (gojek atau grab) sebelum jam 12.00.

KIA bertujuan untuk melindungi HAK KONSTITUASIONAL ANAK sebagai WNI layaknya KTP bagi orang dewasa, manfaatnya antara lain:

  1. Melindungi pemenuhan hak anak
  2. Menjamin akses sarana umum
  3. Menjadi bukti identifikasi diri jika mengalami peristiwa buruk
  4. Mencegah terjadinya perdagangan anak
  5. Memudahkan anak mendapatkan akses pada pelayanan publik seperti pada bidang pendidikan, kesehatan, perbankan, transportasi dan Imigrasi.

MELAYANI DENGAN HATI, SEPENUH HATI DAN HATI HATI, SALAM3//0👌

(AW)