Mahasiswa PPG Unpam Sosialisasi Permainan Tradisional di Kampung Pemulung

asrinews.com, Tangerang Selatan – Mahasiswa PPG Prajabatan Gelombang 1 Universitas Pamulang (Unpam) mengadakan kegiatan sosialisasi dan pembuatan alat permainan tradisional di Kampung Pemulung, Reni Jaya, Pamulang, Sabtu (6/7/2024). Kegiatan ini bertujuan melestarikan permainan tradisional dan membentuk sikap gotong royong di kalangan anak-anak.

Acara yang mengusung tema “Pelestarian Permainan Tradisional dalam Membentuk Sikap Gotong Royong Indonesia Smart Generation (ISG)” ini berlangsung di rumah binaan Himpunan Mahasiswa PPKn Universitas Pamulang.

Baca juga:  Wali Kota Respon Protes Mahasiswa Untuk Evaluasi Perwal Operasional Truk

Permainan tradisional yang diperkenalkan meliputi main karet, bakiak, balap karung, gangsing, ular naga, dan galasin (hadang). Dalam sosialisasi, peserta diajarkan sejarah dan cara bermain permainan-permainan tersebut.

Ketua Umum sekaligus Ketua Pelaksana, Muhammad Ilham Maulana, menyampaikan pentingnya kegiatan ini untuk menjaga warisan budaya dan membentuk rasa gotong royong di kalangan anak-anak ISG. “Permainan tradisional mulai tergerus arus globalisasi, dan kegiatan ini diharapkan bisa membentuk rasa gotong royong serta mempromosikan pelestarian budaya,” ujarnya.

Baca juga:  Ketua IKA Ajak Alumni Unpam Jaga Warisan H. Darsono

Setelah sambutan, sosialisasi dilanjutkan dengan penjelasan sejarah dan tata cara bermain permainan tradisional oleh penanggung jawab masing-masing permainan. Kemudian, anak-anak ISG dibagi dalam dua kelompok besar untuk menghias gangsing dan karung dengan cat kayu sebagai bagian dari sesi kreatif.

Acara ini didukung oleh berbagai pihak, termasuk Mitra Hima PPKn Universitas Pamulang, sponsor kegiatan, termasuk asrinews.com sebagai media partner. Kegiatan ini tidak hanya memperkenalkan permainan tradisional kepada anak-anak, tetapi juga membangun kesadaran akan pentingnya menjaga dan melestarikan warisan budaya. 

Baca juga:  PMII Unpam Desak Pemkot Tangsel Evaluasi Kinerja Dishub

Sebagai agen perubahan, mahasiswa PPG Universitas Pamulang merasa memiliki tanggung jawab untuk melestarikan budaya lokal di era globalisasi ini. Pelestarian permainan tradisional diharapkan bisa membentuk karakter dan nilai-nilai positif seperti gotong royong di kalangan generasi muda.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *