Banggar DPR RI Usulkan Pembangunan Bioskop di Setiap Kecamatan

asrinews.com, Jakarta – Badan Anggaran (Banggar) DPR RI mengusulkan agar pemerintah membangun bioskop di setiap kecamatan sebagai langkah untuk menggenjot perekonomian dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif. Usulan tersebut disampaikan oleh Andi Akmal Pasluddin, anggota Banggar DPR RI dari Fraksi PKS, pada Kamis (4/7/2024) dalam sebuah rapat resmi Banggar.

“Perlu dilakukan dengan penguatan ekosistem film dan seni, membangun gedung film, gedung kesenian-pertunjukan di tingkat kecamatan yang difasilitasi oleh pemerintah,” kata Andi Akmal Pasluddin. Menurutnya, langkah ini penting untuk memperkuat kebijakan penguatan ekosistem ekonomi kreatif berbasis kekayaan budaya dan intelektual.

Baca juga:  Sidak Tenda Jamaah Haji di Mina, DPR RI Catat 4 Persoalan

Usulan pembangunan bioskop di tingkat kecamatan bukanlah hal baru. Sebelumnya, pada Juni lalu, Eko Hendro Purnomo atau Eko Patrio dari Fraksi PAN juga mengajukan usulan serupa kepada pemerintahan Prabowo-Gibran mendatang. Eko beralasan bahwa pembangunan bioskop ini akan membantu mendorong penerimaan negara dan mengapresiasi karya-karya film lokal.

“Membuat bioskop-bioskop di tingkat desa, kecamatan, setiap kecamatan pemerintah ada di sana ikut membangun khusus perfilman Indonesia,” ujar Eko di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (24/6/2024). Dia juga mengusulkan agar bioskop-bioskop lokal tersebut hanya memutar film-film dalam negeri sebagai bentuk dukungan terhadap penggiat film dan seniman Tanah Air.

Baca juga:  Pimpinan Komisi III DPR RI Dukung Bansos untuk Korban Judi Online

Menurut Eko, langkah ini tidak hanya akan meningkatkan pendapatan negara tetapi juga memberikan hiburan bagi masyarakat dan memperkuat industri film domestik. “Hal itu merupakan wujud kolaborasi yang bagus,” tambahnya.

Dengan usulan ini, diharapkan pemerintah dapat lebih serius dalam membangun infrastruktur yang mendukung pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *