Pemkot Tangsel Terapkan Sewa Kendaraan Dinas Untuk Efisiensi Anggaran
Banten Berita Modern Otomotif Regional

Pemkot Tangsel Terapkan Sewa Kendaraan Dinas Untuk Efisiensi Anggaran

Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Pemkot Tangsel) mulai menerapkan sistem sewa (rental) untuk pengadaan kendaraan-kendaraan dinas di lingkungan Pemkot setempat. Hal itu sebagai upaya efisiensi terhadap penggunaan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) kota tangsel yang dialokasikan untuk biaya pembelian dan perawatan kendaraan-kendaraan dinas yang ada.

Pemerintah kota tangsel sudah menggunakan metode sewa atau rental sebanyak 20 unit kendaraan yang sudah di sewa atau rental. Kendaaran mobil roda empat untuk tugas berdinas mulai dari Toyota Innova Zenix Hybrid dan Mitsubishi Zenix Xpander.

Kepala Bagian Umum (Kabag Umum) pada Sekretariat Daerah (Setda) Kota Tangsel, Herman Susilo, menjelaskan dengan sistem sewa/rental ini dinilai untuk mengurangi biaya operasional kendaraan yang digunakan.

“Ia kurang lebih 20 unit kendaraan mobil yang di sewa, rata-rata sewa kendaraan mobil 1 tahun. Mobil sewa atau rental ini. Karena sekarang dianjurkan untuk mengurangi operasional dan perawatan kendaraan dinas jadi kita pakai sistem sewa atau rental,” pungkasnya saat di konfimasi, pada Jumat, (8/3/2024).

Selain itu, dengan diberlakukannya sistem sewa atau rental maka akan dapat dilakukan efisiensi anggaran khususnya dalam pemeliharaan kendaraan operasional.

” Tinggal menggunakan saja, untuk pemeliharaan seperti perbaikan, servis, ganti oli ganti ban, dan lainnya menjadi tanggung jawab rekanan. Mobil ini juga sudah dijamin asuransi, yang juga menjadi kewajiban sewa atau rental,” ujarnya.