DPR Akan Panggil Menkominfo Terkait Serangan Siber PDN

asrinews.com, Jakarta – Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI akan memanggil Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie Setiadi untuk meminta penjelasan terkait serangan terhadap sistem Pusat Data Nasional (PDN). Pemanggilan ini dijadwalkan pada Kamis, 27 Juni 2024.

Ketua Komisi I DPR, Meutya Hafid, menyatakan bahwa pemanggilan ini bertujuan untuk mendapatkan penjelasan yang lebih mendetail dibandingkan yang disampaikan dalam konferensi pers sebelumnya.

“Kita akan menanti penjelasan lanjutan. Kemarin kan singkat ya dari pemerintah, lebih kepada press release. Jadi, Kamis Insya Allah kita akan panggil, baik Kominfo dan juga BSSN,” ujar Meutya di Gedung DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (26/6).

Baca juga:  Serangan Siber pada PDN Bukan Masalah Tata Kelola, Tapi Kebodohan

Insiden Serangan Siber

Meutya menyebutkan bahwa hingga saat ini pihaknya belum dapat berkomentar banyak mengenai insiden peretasan PDN. DPR masih menunggu penjelasan lengkap dari pemerintah.

“Kemarin kan kami belum bisa memutuskan langkah-langkah yang kita sarankan sebagai Komisi I. Press release-nya singkat juga,” tambahnya.

Meski demikian, Meutya mengungkapkan bahwa komunikasi dengan Menkominfo Budi Arie telah dilakukan. Menkominfo memberikan gambaran awal bahwa PDN Indonesia telah diserang.

“Informasi komunikasi terus. Sesuai yang kemarin rilis itu, bahwa ini ada serangan,” jelasnya.

Baca juga:  DPR: Konsesi Tambang Harus Menguntungkan Seluruh Masyarakat, Bukan Hanya Ormas!

Dampak Serangan

Serangan siber terhadap PDN menyebabkan gangguan pada beberapa layanan publik. Termasuk layanan keimigrasian di sejumlah bandara seperti Bandara Soekarno-Hatta pada Kamis, 20 Juni 2024.