Berpotensi PKB, PKS dan Nasdem Rebut Kursi DPRD Tangsel
Banten Berita Bisnis Nasional Politik Regional

Berpotensi PKB, PKS dan Nasdem Rebut Kursi DPRD Tangsel

AsriNews- Peningkatan perolehan suara ketiga partai yakni Partai Nasional Demokrat (Nasdem), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), merupakan imbas dari dukungan ketiganya ke pasangan capres nomor urut 01 Anies-Muhaimin yang berpotensi merebut kursi Dewan Perwakilan Rakyat Kota Tangerang Selatan (DPRD Tangsel).

Diketahui perolehan suara tiga partai pengusung Capres dan Cawapres, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar di Kota Tangsel meningkat pada Pemilu 2024 kemarin. 

Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Kota Tangsel, Muthmainnah, mengatakan partai pengusung paslon 01 Anies-Muhaimin mendapatkan berkah coattail effect dari Pilpres. 

“Sehingga mengalami peningkatan suara yang cukup signifikan. Terbukti di Dapil 1 Ciputat ini perolehan kursi partai pengusung Amin ini naik,” katanya, Rabu 28 Februari 2024. 

Pasalnya, PKS berpotensi memperoleh dua kursi di DPRD. Naik satu kursi dari periode sebelumnya. 

Sementara, PKB dan Nasdem yang semula tidak memiliki kursi, sekarang berpotensi pecah telur menjadi 1 kursi.

“PKB tidak memiliki kursi, sekarang berpotensi pecah telur menjadi 1 kursi,” tuturnya. 

Sementara Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PKS Kota Tangsel, Dadang Darmawan, menjelaskan peningkatan kursi dari Partai pengusung Amin ini diperoleh dari hasil hitung cepat di masing-masing partai. 

“Kami Memiliki C1/Salinan dan foto C Hasil/Plano lengkap se-Kecamatan Ciputat dari saksi TPS kami yang bertugas di lapangan,” paparnya. 

Sementara itu, dari hasil perhitungan sementara beberapa partai yang akan berkurang atau bahkan hilang kursinya di Dapil 1 Ciputat yaitu Gerindra, Demokrat, dan juga Hanura.