foto airin rachmi diany

Pilgub Banten 2024: Airin Unggul di 3 Hasil Survei, Disusul Rano Karno

asrinews.com – Hasil survei terbaru menunjukkan bahwa mantan Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Airin Rachmi Diany, menduduki peringkat teratas sebagai kandidat Gubernur Banten dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) 2024. Survei yang dilakukan oleh tiga lembaga yakni Katadata Insight Center (KIC), Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC), serta Archi Research and Strategy, menunjukkan konsistensi dalam penempatan posisi kandidat.

Menurut hasil survei Katadata Insight Center (KIC), yang menggunakan metode survei online persepsi publik, Airin Rachmi Diany mendapatkan dukungan sebesar 30,8 persen dari 885 responden yang telah memiliki hak suara. Sementara itu, politisi PDI Perjuangan, Rano Karno, menempati peringkat kedua dengan dukungan sebesar 32,8 persen.

Baca juga:  Tanpa Andra Soni, Airin Bertengger di Puncak Hasil Survei Pilgub Banten versi Litbang Kompas

Di sisi lain, survei yang dilakukan oleh Archi Research and Strategy (ARCHI) menunjukkan bahwa Airin Rachmi Diany juga mendominasi dengan perolehan dukungan sebesar 22,22 persen. Sedangkan hasil survei dari Indonesian Politics Research and Consulting (IPRC) menempatkan Airin Rachmi Diany sebagai pemimpin dengan perolehan dukungan sebesar 20,2 persen.

Dari ketiga survei tersebut, terlihat bahwa Airin Rachmi Diany secara konsisten menduduki posisi teratas sebagai kandidat yang paling diunggulkan untuk memenangkan Pilkada Gubernur Banten 2024. Sementara Rano Karno, politisi PDI Perjuangan, selalu menempati posisi kedua dalam hasil survei tersebut. (red)

Baca juga:  Survei Pandawa: Airin Ungguli 4 Calon Lain di Pilgub Banten