167 Peserta di Kota Tangerang Ikuti Seleksi Tahap PBB dan Pesamaptaan Paskibra Tingkat Kota, Provinsi dan Nasional
Banten Regional

167 Peserta di Kota Tangerang Ikuti Seleksi Tahap PBB dan Pesamaptaan Paskibra Tingkat Kota, Provinsi dan Nasional

Tangerang Kota, asrinews.com – Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kota Tangerang melaksanakan seleksi penerimaan anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) tingkat Kota, Provinsi dan Nasional tahun 2023. Kali ini para peserta memasuki tahap keempat dan kelima yang berlangsung di Stadion Benteng Reborn.

Kepala Bidang Kesbang, A. Budiarto, menuturkan para peserta telah mengikuti beberapa tahapan sebelumnya seperti seleksi administrasi, test kesehatan, test fisik, dan hari ini dilakukan dua tahapan langsung yaitu test Peraturan Baris Berbaris (PBB) serta kesamaptaan yang diikuti 167 peserta.

“Tahapan seleksi ini sesuai dengan peraturan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPID) Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Peraturan Pelaksanaan Peraturan Presiden Nomor 51 Tahun 2022 tentang Program Pasukan Pengibar Bendera Pusaka, dimana sebelumnya 176 telah lolos seleksi, dan kini sembilan orang tidak hadir mengikuti seleksi,” tutur Budiarto.

Selanjutnya, para peserta akan melakukan test kepribadian yang rencananya akan dilaksanakan (3/5/2023). Pada seleksi paskibra ini bekerjasama dengan beberapa pihak diantaranya TNI, kepolisian, Dinas Kesehatan, serta Duta Pancasila Paskibraka Indonesia (DPPI).

Nantinya setelah melalui semua tahapan, para peserta yang lolos di tingkat Kota Tangerang sebanyak 50 peserta diantaranya 26 putra dan 24 putri, lalu untuk tingkat Provinsi Banten ada 10 peserta yakni lima putra dan lima putri.

“Kami berharap bisa mengirimkan putra putri terbaik Kota Tangerang mewakili Provinsi Banten hingga Tingkat Nasional,” ucap Budiarto.

Sementara itu, para peserta yang merupakan pelajar kelas X dan XI tingkat SMA ini sangat antusias mengikuti tahapan seleksi anggota Paskibra tingkat Kota dan Provinsi ini. Mereka berharap bisa mewakili Kota Tangerang untuk mengibarkan sang Merah Putih di Tingkat Provinsi maupun Nasional.

“Persiapan yang dilakukan untuk mengikuti seleksi ini sangat matang. Karena saya berharap bisa mengibarkan bendera merah putih tidak hanya di tingkat Kota namun juga Nasional,” ungkap Nur Fatimah Moerod, peserta dari SMA Ki Hajar Dewantoro Kota Tangerang.

“Saya senang bisa mengikuti Paskibra ini, karena sangat tertarik dengan peraturan baris berbaris. Apalagi sebelumnya selama enam bulan saya sudah latihan fisik seperti olahraga push up, lari selama 12 menit secara rutin,” ucap Nixon Giovanni Susanto, perwakilan dari SMA Negeri 3 Kota Tangerang.