Sidak Tenda Jamaah Haji di Mina, DPR RI Catat 4 Persoalan

asrinews.com – Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI, Ace Hasan Syadzily, melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tenda jamaah haji Indonesia di Mina, Makkah, Arab Saudi pada Senin (17/6/2024) malam waktu setempat. Dalam kegiatan tersebut, Ace Hasan mencatat beberapa persoalan yang perlu diperhatikan.

Pertama, Ace Hasan mencatat adanya kelebihan kapasitas tenda jemaah yang mengakibatkan sekitar 50 orang jamaah harus dipindahkan ke tenda lain. Tenda yang seharusnya menampung 440 orang jamaah ternyata hanya mampu menampung sekitar 380 orang.

Baca juga:  Bocah di Cipulir Digigit Anjing Tetangga, Mata Terluka Parah

Kedua, Ace menyoroti keterbatasan persediaan mandi, cuci, kakus (MCK) yang menyebabkan antrean yang cukup panjang pada waktu-waktu tertentu, terutama saat waktu shalat.

Ketiga, Ace mencatat bahwa jamaah haji lanjut usia (lansia) mengalami kesulitan untuk mengakses tenda yang harus dinaiki dengan tangga. Menurutnya, hal ini perlu diperhatikan untuk menciptakan lingkungan haji yang lebih ramah.

Keempat, Ace menemukan keluhan terkait variasi menu makanan yang tidak konsisten. Meskipun ada perbaikan, Ace berpendapat bahwa pemerintah perlu memastikan pengadaan konsumsi yang beragam sesuai dengan selera jamaah haji Indonesia.

Baca juga:  Prabowo Beli Sapi Kurban Senilai Rp900 Juta dari Sukabumi

Melihat banyaknya catatan ini, Ace menekankan perlunya perbaikan untuk meningkatkan kenyamanan dan pelayanan bagi jamaah haji Indonesia di masa mendatang.

“Perlu ada perbaikan terutama dalam hal ketersediaan toilet yang memadai dan variasi makanan yang sesuai dengan selera jamaah,” ujar Ace.