Presiden Jokowi Beli Sapi Simmental Seberat 1 Ton untuk Kurban Iduladha

asrinews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli seekor sapi jenis simmental bernama Alien dari seorang peternak asal Kabupaten Subang, Jawa Barat. Sapi tersebut akan dijadikan hewan kurban pada Iduladha yang jatuh pada Senin, 17 Juni 2024.

Pengelola peternakan, Irwan Yusup, mengaku terkejut karena sapi miliknya kembali dibeli oleh Presiden Jokowi untuk kedua kalinya. Tahun lalu, sapi milik Irwan dengan berat 1,035 ton juga terpilih sebagai hewan kurban di Jakarta.

Baca juga:  Prabowo Beli Sapi Kurban Senilai Rp900 Juta dari Sukabumi

“Saya merasa sangat bahagia dan sedikit tidak percaya karena ini kali kedua kami menerima keberkahan dari Presiden Jokowi,” ujar Irwan, yang merupakan peternak dari Kelompok Cinta Peternak Farm di Desa Kasomalang Kulon, Kecamatan Kasomalang, Kabupaten Subang.

Sapi bernama Alien tersebut memiliki bobot 1,080 ton dan berusia empat setengah tahun. Irwan menjelaskan bahwa sapi yang dibeli oleh Jokowi kali ini lebih berat dibanding tahun sebelumnya.

“Ke depan, sapi kami akan dibawa oleh pihak kepresidenan,” tambah Irwan pada Jumat, 7 Juni 2024.

Baca juga:  Jokowi: Mulai Tahun Ini, Setop Bikin Aplikasi Baru!

Sebelumnya, tim kesehatan dari Provinsi Jawa Barat telah memeriksa sapi-sapi di peternakannya.

“Tim kesehatan provinsi menanyakan tentang keberadaan sapi besar, dan kami memberi tahu bahwa masih ada. Setelah pemeriksaan, mereka memberi kabar bahwa sapi terpilih dan memberikan penawaran harga,” jelas Irwan, yang belum bisa mengonfirmasi harga kesepakatan tersebut.

Selain Alien, peternakan Irwan juga memiliki sapi besar lainnya dengan bobot sekitar 980 kilogram dan 880 kilogram. Sapi Alien telah menjalani pemeriksaan kesehatan dan dinyatakan sehat, sehingga dagingnya dapat dinikmati oleh masyarakat pada hari penyembelihan.

Baca juga:  Sidak Tenda Jamaah Haji di Mina, DPR RI Catat 4 Persoalan

Saat ini, sapi tersebut masih dalam pemeliharaan dan perawatan khusus di kandang milik Irwan Yusup. Sapi asal Kabupaten Subang itu akan dibawa ke Istana Presiden di Jakarta mendekati hari raya Iduladha.