Kabel Fiber Optik Semrawut Di Tangsel Mulai Dibenahi
Banten

Kabel Fiber Optik Semrawut Di Tangsel Mulai Dibenahi

ASRINEWS.COM, TANGERANG SELATAN
Berdasarkan Peraturan Wali Kota (Perwal) Nomor 47 Tahun 2019 tentang Penataan dan Pengendalian Pembangunan Menara Telekomunikasi, Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) mulai berupaya menata kembali kabel fiber optik yang berada di wilayahnya, ditargetkan selesai bulan Mei 2024 ini.

Hal ini disebutkan Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie, bahwa Perwal tersebut menjadi landasan agar penataan kabel fiber optik dapat dilaksanakan secara optimal.

“Selain itu, dalam Perwal juga disebutkan bahwa kabel fiber optik diutamakan untuk diletakkan di bawah tanah,” kata Benyamin, pada Selasa (23/04/2024).

Pemasangan kabel fiber optik akan diletakkan di bawah tanah pada sepanjang jalan utama dan jalan kolektor yang dilengkapi dengan ruang sambung berdiri, ruang sambung jongkok dan kabinet.

“Pemasangan tersebut harus mempertimbangkan estetika daerah dan tidak mengganggu fungsi pedestrian,” ujarnya.

Perwal tersebut akan diterapkan di lima wilayah jalan utama di Tangerang Selatan, yaitu Jalan Kelurahan Ciater, Jalan WR Supratman, Jalan Serua Raya, Jalan Merpati Raya, dan Jalan Menjangan Raya.

Namun demikian, penataan kabel ini akan dilakukan dengan hati-hati dan memperhatikan estetika daerah serta kenyamanan pejalan kaki.

“Peninjauan kondisi jalan di beberapa daerah seperti Jalan Kelurahan Ciater, Jalan WR Supratman, Jalan Serua Raya, Jalan Merpati Raya, dan Jalan Menjangan Raya sudah dilakukan, nantinya kabel-kabel fiber optik tersebut akan dimasukkan ke dalam tanah, tetapi apabila tidak memungkinkan, akan dilakukan penataan secara rapi,” jelasnya.
(AW)