foto airin rachmi diany

Survei Pandawa: Airin Ungguli 4 Calon Lain di Pilgub Banten

asrinews.com, Banten – Bakal Calon Gubernur Banten, Airin Rachmi Diany, kembali menjadi unggul dalam hasil survei terbaru Pilkada Banten. Menurut Pandawa Research, elektabilitas Airin mencapai 41,9 persen, menunjukkan tingkat dukungan yang tinggi.

Survei dilaksanakan dari 27 Mei hingga 07 Juni 2024 dengan melibatkan 3.180 responden di delapan kabupaten dan kota di Banten, menggunakan metode random sampling.

Survei tersebut merupakan bagian dari proses penjaringan calon kepala daerah oleh PDIP. Dari awal mengidentifikasi 22 calon, survei berlanjut hingga mempersempit pilihan menjadi tujuh nama, di antaranya Airin Rachmi Diany, Rano Karno, Wahidin Halim, Achmad Dimyati Natakusumah, Iti Octavia Jayabaya, Arief R Wismansyah, dan Ratu Tatu Chasanah.

Baca juga:  Pilgub Banten 2024: Airin Unggul di 3 Hasil Survei, Disusul Rano Karno

Hasil akhir menunjukkan Airin Rachmi Diany mendominasi dengan elektabilitas tertinggi, disusul oleh Rano Karno dan Wahidin Halim.

Ketua Tim Penjaringan Pilkada DPD PDIP Banten, Muhlis, menyatakan hasil survei ini akan menjadi pertimbangan penting dalam rekomendasi calon yang akan diusung oleh DPP PDIP. Meskipun demikian, Muhlis menekankan bahwa elektabilitas masih bisa berubah menjelang pemungutan suara, dipengaruhi oleh dinamika isu dan kampanye calon gubernur.

Sebelumnya, survei oleh Katadata Insight Center juga menempatkan Airin Rachmi Diany sebagai calon gubernur paling layak dengan dukungan 32,8 persen responden, diikuti oleh Rano Karno dan Wahidin Halim.

Baca juga:  Airin Dapat Dukungan Penuh Golkar untuk Pilkada Banten 2024