Rumah Pensiun Jokowi di Colomadu Seluas 12000 Meter, Bagaimana Presiden Sebelumnya?

asrinews.com – Presiden Joko Widodo (Jokowi) akan menerima hadiah berupa rumah pensiun seluas 12.000 meter persegi di Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah.

Menurut Kepala Desa Blulukan, Slamet Wiyono, tahap awal pembangunan melibatkan koordinasi dengan Kementerian Sekretariat Negara terkait akses ke lokasi, termasuk penataan pohon yang menghalangi keluar-masuk material konstruksi.

Rencananya, pembangunan rumah pensiun Jokowi akan dimulai pada bulan Juli 2024 dan diperkirakan selesai pada tahun 2025.

Baca juga:  Presiden Jokowi Terima Kunjungan Ketua Umum PBNU

Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1978 mengatur pemberian rumah pensiunan bagi mantan Presiden dan Wakil Presiden Indonesia setelah masa jabatannya berakhir. Sebelumnya, rumah pensiunan juga telah diberikan kepada presiden-presiden sebelum Jokowi, seperti Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Megawati Soekarnoputri, BJ Habibie, Soeharto, dan Soekarno.

Rumah Pensiun Presiden Indonesia

Berikut rincian mengenai rumah pensiun bagi beberapa mantan presiden:

1. Rumah Pensiun Presiden SBY

Terletak di Jalan Mega Kuningan Timur VII, Jakarta Selatan, rumah ini memiliki dua lantai dengan nuansa modern kontemporer dan luas lahan sekitar 4.000 meter persegi.

Baca juga:  Jokowi Tunjuk Hadi Tjahjanto Jadi Ketua Satgas Pemberantasan Judi Online

2. Rumah Pensiun Presiden Megawati Soekarnoputri

Berlokasi di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, rumah ini dibangun dengan gaya klasik dengan dinding dan pagar berwarna putih.

3. Rumah Pensiun Presiden Gus Dur

Meskipun ditawari rumah pensiunan oleh negara, Presiden Abdurrahman Wahid memilih untuk kembali ke rumah pribadinya di Ciganjur, Jakarta Selatan, yang sederhana namun penuh dengan nilai kenangan.

4. Rumah Pensiun Presiden BJ Habibie

Merupakan rumah pribadi yang terletak di Jalan Patra Kuningan XIII, Jakarta Selatan, dan menyimpan banyak kenangan berharga bagi mantan Presiden BJ Habibie dan almarhum istrinya, Ainun.

Baca juga:  Jokowi: Mulai Tahun Ini, Setop Bikin Aplikasi Baru!

5. Rumah Pensiun Presiden Soeharto

Dikenal dengan nama Puri Jati Ayu, rumah ini terletak di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) dan memiliki nilai sejarah yang penting bagi Indonesia.