Foto Andra Soni Ketua DPRD Banten calon gubernur 2024

Profil Andra Soni: Anak Petani, Kini Calon Gubernur Banten

asrinews.com, Banten – Andra Soni, yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPRD Banten, telah resmi diusung oleh Partai Gerindra sebagai bakal calon Gubernur Banten untuk Pilkada 2024. Ia akan berpasangan dengan Dimyati Natakusumah sebagai bakal calon wakil gubernur, menantang Airin Rachmi Diany yang juga maju dalam pemilihan ini.

Perjalanan Hidup Andra Soni

Andra Soni lahir di Payakumbuh pada 12 Agustus 1976 dalam keluarga petani yang kurang beruntung secara ekonomi. Sejak kecil, Andra telah merasakan berbagai rintangan hidup. Orangtuanya sempat merantau ke Pekanbaru dan Malaysia untuk bekerja sebagai kuli bangunan dan buruh tani guna mencukupi kebutuhan keluarga. Di Malaysia, Andra memperoleh kesempatan mengenyam pendidikan setara Sekolah Dasar (SD), namun tidak dapat melanjutkan pendidikan lebih tinggi karena kendala dokumen .

Baca juga:  Aktivis Mahasiswa Tangsel Soroti Pilgub Banten: Rekam Jejak Figur, Komitmen Anti-Korupsi, dan Pemerataan Ekonomi

Setelah kembali ke Indonesia, Andra tinggal bersama kakaknya di Ciledug, Kota Tangerang, dan bersekolah di Jakarta meskipun dengan kondisi yang serba pas-pasan. Keberuntungannya berubah ketika ia diangkat sebagai anak oleh Raden Muhidin Wiranata Kusuma, yang merupakan putra dari Menteri Dalam Negeri pertama Indonesia, dan mendukung pendidikannya hingga lulus SMA .

Karier dan Pendidikan

Setelah lulus SMA, Andra bekerja di sebuah perusahaan di Jakarta untuk mengumpulkan uang guna melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi. Ia berhasil mendaftar kuliah di STIE Bakti Pembangunan dengan program Diploma III, meski harus sambil bekerja untuk membiayai pendidikannya. Kariernya di perusahaan terus meningkat hingga ia mencapai posisi manajer, namun Andra memutuskan untuk membangun perusahaan ekspedisi sendiri yang kini memiliki perwakilan di beberapa negara .

Baca juga:  Soal Duet Andra-Dimyati di Pilgub Banten, Dasco: Airin sama PDIP

Terjun ke Dunia Politik

Dengan kondisi ekonomi yang lebih baik, Andra terjun ke dunia politik pada Pemilu 2014 dan terpilih sebagai anggota legislatif dari Partai Gerindra. Karier politiknya terus menanjak hingga kembali terpilih pada Pemilu 2019 dan direkomendasikan oleh partainya menjadi Ketua DPRD Provinsi Banten .

Andra Soni Jadi Bakal Calon Gubernur Banten 2024

Pada Pilgub Banten 2024, Andra Soni resmi diusung oleh Partai Gerindra sebagai bakal calon gubernur. Ia akan berpasangan dengan Dimyati Natakusumah sebagai bakal calon wakil gubernur. Pasangan ini akan menantang Airin Rachmi Diany, yang juga maju dalam pemilihan gubernur Banten. Dengan latar belakang dan pengalaman yang dimiliki, Andra berharap dapat membawa perubahan dan kemajuan bagi Provinsi Banten .

Baca juga:  KASEB Lakukan Rapat Pemantapan, Siapkan Langkah Sukseskan Airin ke Banten

Sumber:

  1. Artikel “Mengenal Andra Soni, Anak Petani Pimpin DPRD Banten”, Jabar-Banten.com.
  2. Wawancara dan laporan internal.